Categories
Pendidikan Umum

Jenis – Jenis Perantara

Jenis – Jenis Perantara

Perusahaan harus mengidentifikasi jenis jenis perantara yang tersedia untuk melakukan pekerjaan saluran. Berikut adalah daftar alternatif saluran yang diidentifikasi oleh perusahaan elektronik konsumen yang memproduksi telepon mobil seluler.
· Perusahaan dapat menjual telepon mobilnya ke produsen mobil untuk dipasang sebagai perlengkapan asli
· Peusahaan dapat menjual telepon mobilnya ke penyalur mobil
· Perusahaan dapat menjual telepon mobilnya ke penyalur perlengkapan mobil eceran melalui tenaga penjualan langsung atau distributor
· Perusahaan dapat menjual telepon mobilnya ke penyalur khusus telepon mobil melalui tenaga penjualan langsung atau penyalur.
· Perusahaan dapat ,menjual telepon mobilnya melalui catalog pesanan surat
· Perusahaan dapat menjual telepon mobilnya melalui toko massal seperti best buy atau circuit city.

Jumlah Perantara

Perusahaan harus menentukan jumlah perantara yang akan digunakan pada setiap tingkat saluran. Ada 3 strategi yang tersedia yakni distribusi eksklusif, selektif, dan intensif
Distribusi Eksklusifberarti sangat membatasi jumlah perantara. Distribusi ini tepat jika produsen ingin mempertahankan kendali atas tingkat jasa dan output yang ditawarkan oleh penjual perantara, dan distribusi ini sering memasukkan pengaturan kesepakatan eksklusif. Dengan memberikan distribusi eksklusif, produsen berharap mendapatkan penjualan yang lebih berdedikasi dan berpengetahuan.
Distribusi Selektifbergantung pada beberapa perantara, namun tidak semuanya bersedia menjual produk tertentu.masuk akal bagi perusahaan mapan dan perusahaan baru yang mencari distributor.
Distributor Intensif produsen menempatkan barang atau jasa di sebanyak mungkin gerai. Strategi ini biasa digunakan untuk barang barang seperti makanan ringan, permen karet, produk yang sering dibeli konsumen dll seperti alfamart, indomart.

Syarat dan Tanggung Jawab Anggota Saluran

Elemen utama dalam “bauran hubungan dagang” adalah Kebijakan Harga mengharuskan produsen menentukan daftar harga serta jadwal diskon dan insentif yang dilihat perantara sebagai sesuatu yang adil dan mencukupi Kondisi Penjualan mengacu pada syarat pembayaran dan jaminan produsen. Sebagian besar produsen memberikan diskon tunai kepada distributor yang melakukan pembayaran di muka. Produsen juga dapat memberikan jaminan atau diskon pada barang yang rusak.
Hak Toritorial Distributor mendefinisikan wilayah distributor dan syarat dimana produsen akan mewaralabakan kepada distributor lain. Distributor biasanya berharap menerima penghargaan secara penuh untuk semua penjualan di wilayahnya, baik mereka yang menjual maupun distributor lain. Layanan dan Tanggung jawab bersama harus disebutkan dengan seksama, terutama dalam waralaba dan saluran agen eksklusif.

Mengevaluasi Alternatif Utama

Masing masing alternative saluran perlu dievaluasi terhadap criteria ekonomi, kendali dan adaptif. Kriteria Ekonomi masing masing saluran mempunyai tingkat penjualan dan biaya yang berbeda. Perusahaan akan menyelaraskan pelanggan dan salurannya untuk memaksimalkan permintaan pada biaya keseluruhan yang terendah. Sudah jelas penjual ingin mengganti saluran berbiaya tinggi dengan saluran yang berbiaya lebih rendah selama nilai tambah per penjualan mencukupi. Berikut ada enam saluran penjualan yang berbeda membuat jenjang dalam hal nilai tambah per penjualan dan biaya per transaksi.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :