Categories
Pendidikan

Komunikasi Dalam Lingkungan Bisnis

Komunikasi Dalam Lingkungan Bisnis

Komunikasi Dalam Lingkungan Bisnis

Komunikasi antar pesona dalam lingkungan bisnis

Komunikasi antarpesona adalah komunikasi yang terjadi terutama di antara dua orang atau lebih (kuantitatif) yang bersifat alamiah dan dapat menghasilkan suatu hubungan produktif secara terus menerus (kualitatif). Komunikasi antarpesona akan efektif jika berdasarkan teori yang logis meliputi keahlian yang diterapkan pada lingkungan bisnis. Intinya seorang komunikan harus memiliki kemampuan atau konsep diri yang positif untuk berhubungan dan bekerja sama dengan baik dengan orang lain.

Menurut teori McGregor (1960), gaya manajemen antar pesona dapat dibagi menjadi dua prilaku, yaitu

  1. prilaku manajemen teori X dan
  2. prilaku manajemen teori Y.

Dimana menurut Mcgregor bahwa para pekerja yang digolongkan dalam manajer teori X yakin bahwa para pekerja lebih menginginkan jaminan daripada hal lainnya dan para pegawai sangat termotivasi dengan tingkat keamanan dan psiklogi seperti uang. Dan gaya manajemen teori Y mencerminkan sekumpulan kepercayaan yang kontras mengenai sifat manusia, dimana teori Y menyajikan pandangan yang paling positif mengenai hubungan manusia dalam manajemen organisasi yang efektif seperti penghargaan diri dan perwujudan diri terpenuhi.

 

Menyimak dalam lingkungan bisnis

Salah satu hal lagi yang harus dipahami dalam hal merancang keberhasilan dalam berkomunikasi bisnis adalah, menyimak (listening). Menyimak (listening) adalah salah satu keahlian berkomunikasi yang paling sering digunakan dalam interaksi manusia. Kemampuan dalam berinteraksi dan bekerja dengan orang lain merupakan bagian penting dari keberhasilan kita dalam berbisnis. Dengan belajar menyimak dengan baik akan sangat membantu meningkatkan hubungan kita dengan orang lain. Karena faktor utama dalam komunikasi adalah kemampuan melihat gagasan dan sikap yang diungkapkan dari sudut pandang orang lain. Dan hal ini akan memberikan feed back dan aspek komunikasi lainnya dan kita akan mengetahui bahwa bagian antarpesona dalam menyimak merupakan salah satu unsure yang sangat penting dalam menghilangkan masalah – masalah komunikasi yang timbul dalam bisnis, seperti :

  • Memecahkan konflik
  • Menanggulangi perlawanan
  • Mangadakan negosiasi

 

Berkomunikasi dalam kelompok kecil

Berkomunikasi dalam kelompok kecil terjadi ketika tiga orang atau lebih bertatap muka, adanya pengarahan dari seorang pemimpin dengan memiliki tujuan dan sasaran tertentu untuk pencapaian bersama.

Berkomunikasi dan bekerja dalam kelompok memilki kelebihan dan kekurangan yaitu dengan adanya kelompok, maka dapat memecahkan masalah dengan baik, adanya kerjasama yang memilki kekuatan gabungan orang-orang yang berpikir bersama menghasilkan produk yang lebih baik dan lebih kreatif bila dikerjakan bersama-sama dibandingkan bila individu, tetapi memiliki kekurangan karena bila dikerjakan secara bersama-sama berkemungkinan adanya dominasi dari salah satu individu atau adanya rasa ketergantungan dari salah satu anggota kelompok dan bisa terjadinya konflik dalam kelompok tersebut.

 

Sumber : https://carabudidaya.co.id/