Categories
Pendidikan

Peran Saluran Pemasaran

Peran Saluran Pemasaran


Dengan menggunakan perantara produsen sering kali bisa mendapatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan penjualan. Melalui kontak, pengalaman, spesialiasasi, dan skala operasi mereka,perantara membuat barang tersedia secara luas dan dapat diakses oleh pasar sasaran, dan biasanya menawarkan pencapain yang lebih besar dari pada pencapaian yang dilakukan oleh perusahaan sendiri.

Fungsi Aliran Saluran

Saluran pemasaran berfungsi menggerakan barang dari produsen ke konsumen. Saluran pemasaran mengatasi kesenjangan wakut, tempat, dan kepemilikan yang memisahkan barang dan jasa dari mereka yang memerlukan atau menginginkannya. Beberapa fungsi (fisik, hak milik, promosi) membentuk aliran aktivitas ke deap dari perusahaan kepada pelanggan, fungsi lain adalah membentuk aliran ke belakang dari pelanggan ke perusahaan.

 

Fungsi lain (informasi, negosiasi, keuangan dan risiko) tejadi dalam dua arah.

Lima aliran diilutrasikan dalam peraga untuk truk forklift. Jika aliran ini ditumpuk dalam satu diagram, kompleksitas saluran pemasaran yang paling sederhana sekalipun akan tampak jelas. Produsen yang menjual produk fisik dan jasa mungkin memerlukan tiga saluran: saluran penjualan, saluran pengiriman, dan saluran jasa.

Tingkat Saluran

Produsen dan pelanggan akhir merupakan bagian dari saluran. Jumlah tingkat perantara digunakan untuk menentukan panjang saluran. Berikut akan diilustrasikan beberapa saluran pemasaran barang konsumen dengan panjang yang beragam.

a. Saluran pemasaran konsumen

Saluran tingkat nol/zero level channel (disebut juga saluran pemasaran langsung) terdiri dari produsen yang menjual langsung ke pelanggan akhir. Contoh utama adalah penjualan dari pintu ke pintu, pemasaran lewat telepon, penjualan lewat internet dan toko milik produsen. Saluran tingkat satu mengandung satu perantara penjualan seperti pengecer. Saluran tingkat dua mengandung dua perantara. Dalam pasar konsumen, perantara ini biasanya pedagang grosir dan pengecer.

Saluran tingkat tiga terdiri dari tiga perantara. Dalam industri pengemasan daging, pedagang grosir menjual ke pedagang besar, yang menjal ke pengecer kecil lalu ke konsumen. Dari sudut pandang produsen, mendapatkan informasi tentang pengguna akhir dan penerapan kendali jadi lebih sulit ketika jumlah saluran semakin banyak

b. Saluran pemasaran industri

Produsen barang industri dapat menggunakan tenaga penjualnya untuk menjual secara langsung ke pelanggan industri atau produsen dapat menjual ke distributor industri, yang menjual ke palanggan industri atau produsen dapat menjual melalui perwakilan produsen atau cabang penjualannya sendiri secara langsung ke pelanggan industri, atau secara tidak langsung ke palanggan Industri melalui distributor industri. Berikut memperlihatkan saluran yang umum digunakan dalam pemasaran bisnis ke bisnis.

c. Saluran aliran terbalik

Saluran ini penting dalam kasus seperti berikut. (1) menggunakan kembali produk atau kemasan seperti tong berisi bahan kimia yang dapat diisi ulang (2) memperbaiki ulang produk seperti papan sirkuit atau computer untuk dijual kembali. (3) mendaur ulang produk seperti kertas. (4) membuang produk dan kemasaran seperti produk limbah. Beberapa perantara memainkan peran dalam saluran aliran terbalik, termasuk pusat penukaran produsen, kelompok komunitas, perantara tradisional seperti perantara minuman ringan, spesialis pengumpulan sampah, pusat daur ulang, broker daur ulang sampah, dan gudang pemrosesan pusat.

 

Sumber : https://seputarilmu.com/