Categories
Uncategorized

Rancangan Saluran

Rancangan Saluran


Perancangan system saluran pemasaran membutuhkan analisis kebutuhan konsumen, menentukan tujuan saluran, serta mengidentifikasi dan mengevaluasi alternative saluran. Menganalisis Tingkat Output Jasa yang Diinginkan Konsumen Dalam merancang saluran pemasaran, pemasar harus memahami tingkat output jasa diinginkan pelanggan sasaran. Saluran menghasilkan lima output jasa :

Ukuran Lot

Jumlah unit yang diizinkan saluran untuk dibeli oleh pelanggan umum dalam satu peristiwa. Dalam membeli mobil untuk armadanya, hertz lebih menyukai saluran darimana mereka dapat membeli ukuran lot yang lebih besar, sedangkan rumah tangga menginginkan saluran yang mengizinkan pembelian dalam ukuran lot yang lebih kecil.
1. Waktu tunggu dan waktu pengiriman
Rata rata waktu tunggu pelanggan saluran untuk menerima barang. Pelanggan semakin menyukai saluran dengan pengiriman yang cepat.
2. Kenyamanan special
Tingkat dimana saluran pemasaran membuat konsumen mudah membeli produk. Chevrolet misalnya, perusahaan perbaikan mobil ini menawarkan kenyamanan special yang lebih besar daripada Cadillac, karena ada lebih banyak penyalur. Desentralisasi pasar Chevrolet yang lebih besar membantu pelanggan menghemat biaya transportasi dan pencarian dalam perbaikan mobil.
3. Keragaman Produk
Rentang pilihan yag disediakan oleh saluran pemasaran. Biasanya pelanggan lebih menyukai pilihan yang banyak karena semakin banyak pilihan semakin besar peluang untuk menemukan apa yang mereka butuhkan.
4. Dukungan layanan
Jasa tambahan (kredit, pengiriman, instalasi, perbaikan) yang disediakan oleh saluran. Semakin besar dukungan jasa, semakin besar pekerjaan yang disediakan oleh saluran.

Menentukan Tujuan dan Hambatan

Pemasar harus menyatakan tujuan saluran mereka berdasarkan tingkat hasil jasa yang ditargetkan. Dalam kondisi yang kompetitif, institusi saluran harus mengatur tugas fungsional mereka dengan tujuan untuk meminimalkan total biaya saluran, namun tetap menyediakan total output jasa yang diinginkan.Terdapat sejumlah factor yang mempengaruhi tujuan saluran.
Dalam memasuki pasar baru misalnya perusahaan sering meneliti secara mendalam mengenai apa yang ddilakukan perusahaan lain dari pasar asal yang sama di dalam pasar baru itu. Pemasar juga harus menyesuaikan tujuan saluran mereka dengan lingkungan yang lebih besar. Ketika kondisi pasar tertekan, produsen ingin memindahkan barangnya ke pasar dengan menggunakan saluran yang lebih pendek dan tanpa jasa yang menambah harga akhir barang.

 

Mengidentifikasi dan Mengevaluasi Alternatif Saluran Utama

Perusahaan dapat memilih dari berbagai saluran untuk menjangkau konsumennya bisa dari tenaga penjualan sampai agen, distributor, penyalur, surat langsung, telemarketing, dan internet. Alternatif saluran digambarkan dalam tiga elemen : Jenis perantara bisnis yang tersedia, jumlah perantara yang dibutuhkan, serta syarat dan tanggung jawab setiap anggota saluran.

 

Sumber : https://sarjanaekonomi.co.id/