Categories
Pendidikan

Teknologi dalam Komunikasi Bisnis

Teknologi dalam Komunikasi Bisnis

Teknologi dalam Komunikasi Bisnis

Pengertian Teknologi

Teknologi merupakan alat teknik, atau cara yang dapat membantu manusia dalam menjalankan pekerjaan, sehingga pekerjaan menjadi lebih ringan, lebih cepat, lebih baik, dan lebih banyak hasilnya.

Salah satu alasan mengapa teknologi dibutuhkan dalam komunikasi bisnis, adalah karena dengan adanya alat bantu multimedia yang relevan dan dipilih dengan baik maka akan mudah menarik perhatian. Alat bantu multimedia dapat digunakan secara efektif untuk mengendalikan perhatian penyimak melalui stimuli visual dan stimuli oral.

Dan alat bantu multimedia juga digunakan untuk menjelaskan gagasan, karena alat bantu multimedia memberikan gambar bernilai ribuan kata, tambahan visual dan auditory tambahan atau input indera dapat menyampaikan konsep yang sulit dan membantu dalam penyampaian pesan yang kompleks.

Anderson (1966) menunjukkan bahwa suatu kombinasi presentasi yang menggunakan kemampuan bicara dan penayangan gambar berdampak lebih besar terhadap topik yang lebih kompleks dibandingkan pesan yang disampaikan dengan kata-kata. Dan para penyimak akan mengingat isi presentasi lebih lama bila presentasi menggunakan gambar-gambar. Tambahan input visual dan auditory dapat menyempurnakan kata-kata yang diucapkan dan dapat memusatkan perhatian dan meningkatkan kejelasan.

 

Pemilihan kata yang tepat

Pemilihan kata yang tepat, penting artinya dalam menyampaikan pesan – pesan bisnis kepada audience. Agar maksud dari komunikasi tersebut dapat dicapai, maka perlu diperhatikan hal – hal seperti :

  • Pemilihan kata yang sudah dikenal / familiar
  • Pilihlah kata-kata yang singkat dan kalimat yang sederhana
  • Hindari kata-kata yang bermakna ganda

Penyatuan kumpulan kata menjadi sebuah kalimat menjadikan sebuah kalimat menjadi sarana untuk menyampaikan pesan kepada orang lain seperti mengemukakan pendapat atau mengumumkan sesuatu. Agar pesan yang disampaikan dapat mudah dimengerti, maka kalimat harus di susun secara efektif.

Dalam menyusun suatu kalimat, gunakanlah jenis kalimat yang paling tepat atau cocok dengan pemikiran atau ide yang disampaikan. Dan terciptalah kalimat efektif, dimana kalimat efektif adalah bentuk kalimat yang dengan sadar dan sengaja disusun untuk mencapai daya informasi yang tepat dan baik, dan terciptalah keberhasilan dalam berkomunikasi.

 

Menarik perhatian khalayak

Salah satu kunci keberhasilan dalam mengukur berhasil atau tidaknya komunikasi bisnis adalah adanya umpan balik (feedback) dari khalayak. Umpan balik adalah setiap komunikasi verbal atau nonverbal dari para penyimak yang dikirimkan kembali kepada pembicara sebagai jawaban dari suatu pesan. Sebagai seorang pembicara yang baik dalam berkomunikasi di depan khalayak, maka seorang pembicara harus bisa menanggapi bahwa umpan balik tersebut sebagai alat yang berguna untuk evaluasi, mananggapi umpan balik tersebut tanpa rasa marah dan menyimak umpan balik tersebut dan memberikan perhatian kepada seluruh sumber umpan balik tersebut untuk diambil manfaatnya dan menjadikan evaluasi bagi si komunikator tersebut. Dan akhirnya hal terakhir tersebut di atas bisa diajadikan salah satu tolak ukur keberhasilan dalam komunikasi bisnis.

 

Strategi

Kita butuh pemahaman yang baik mengenai strategi komunikasi bisnis dari organisasi dan juga berbagai masalah yang ada di belakangnya jika ingin berhasil dalam berkomunikasi. Selain itu juga kita harus mengerti mengenai kegiatan bisnis yang ada, perputaran perencanaan dan juga proses pengambilan keputusan dalam setiap kegiatan, kita harus memiliki pemahaman yang baik mengenai konteks bisnis dalam organisasi, kita harus mengerti siapa pesaing perusahaan, produk mereka, strategi dan juga proses.

Kita juga harus sudah terbiasa dengan lingkungan bisnis yang ada dan mempelajari kulturnya budayanya yang tentu saja mempengaruhi kesuksesan organisasi. Dan yang penting adalah kita mampu menterjemahkan faktor-faktor bisnis tadi ke dalam kebutuhan berkomunikasi dalam bisnis. Untuk itu dibutuhkan keahlian dalam menerjemahkan antara kebutuhan bisnis dan pemilihan teknologi dan alat bantu multimedia yang tepat dalam implementasinya.

Sebagai pelaku bisnis dalam melakukan proses atau tahapan dari kegiatan komunikasi diperlukan manajemen sales untuk pemasarannya. Dimana proses komunikasi dalam pemasaran penting dalam 3 proses di awal yaitu menciptakan awareness, mananamkan comprehend dan menimbulkan interest. Proses berikutnya setelah tercipta interests, mulai mengarah kepada interaksi langsung antara produk dengan konsumen. Setelah tercipta interest, konsumen akan mulai bergerak secara sadar atau tidak, disengaja atupun tidak, untuk menemukan merek dan produk anda. Tahapan ini kita sebut saja sebagai tahapan ketertarikan untuk membeli.” Dan dalam tahapan ini akan tercipta keberhasilan dari penjual dalam menerapkan komunikasi bisnis terhadap konsumennya.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :